HOS Cokroaminoto, Guru Bangsa

 

sumber http.tirto.id

Selama ini kita hanya mengenal Soekarno atau pun Ki Hadjar Dewantara yang sangat berjasa bagi Indonesia secara menyeluruh. Sebenarnya, selain dua figur hebat di atas, Indonesia masih memiliki seorang guru bangsa hebat yang bernama HOS Cokroaminoto. Beliau adalah pejuang hebat yang menyumbangkan pemikiran-pemikiran besar bagi Indonesia. Apa yang dilakukan HOS Cokroaminoto benar-benar membuat Belanda jadi ketakutan. Dia terus meriah semangatnya tak akan pernah luntur sampai kapan pun. Berikut lima fakta mengagumkan dari HOS Cokroaminoto, sang guru bangsa yang terlupa.

Ø Pelajar yang Sangat Andal

HOS Cokroaminoto adalah seorang pelajar yang andal di masanya. Pria kelahiran 16 Agustus 1882 ini terus berprestasi ketika dipanggil oleh pejabat OSVIA atau sering dikenal sebagai sekolah calon pegawai pemerintahan di Magelang Setelah lulus dengan prestasi yang sangat tinggi, HOS Cokroaminoto mulai bekerja sebagai juru tulis di Ngawi selama kurang lebih tiga tahun. Mengetahui dirinya kurang bisa berkembang dalam pekerjaan itu, HOS Cokroaminoto akhirnya hijrah ke Surabaya yang saat itu mulai jadi pusat perdagangan. Dia bekerja di perusahaan dagang besar yang dinamai dengan SDI atau Sarekat Dagang Islam. Kepandaian yang dimiliki oleh HOS Cokroaminoto, jurnal belajar mudah dan juga melakukan transformasi besar-besaran terhadap SDI hingga menjadi partai politik.

Ø Masuk ke Jalur Politik dan Mulai Berjaya

Pandangan luas yang dimiliki oleh HOS Cokroaminoto mampu mengubah SDI menjadi sebuah partai politik yang resmi. Kelompok usaha perdagangan ini hanya melakukan perdagangan secara adil, namun juga melakukan protes terhadap banyaknya manipulasi yang dilakukan oleh Belanda. Mereka tidak ingin rakyat kecil menjadi korban dan terus dirugikan oleh Belanda. Lambat laut SDI berubah menjadi Sarekat Islam atau SI dan memiliki banyak anggota di Indonesia. Pedagang-pedagang dari Jawa dan Madura bersatu padu untuk melakukan perlawanan dalam perdagangan dunia. Di bawah kepemimpinan HOS Cokroaminoto, partai ini membesar dan membuat nyali Belanda kian ciut.

Ø Bibit Perjuangan Untuk Lepas dari Belenggu Belanda

Barangkali sudah sejak ratusan tahun yang lalu pahlawan di Indonesia berjuang untuk bisa lepas dari belenggu Belanda. Namun, baru pada masa HOS Cokroaminoto lah pemikiran pergerakan nasional secara politik dimunculkan. HOS Cokroaminoto, bibit pergerakan nasional hingga benar-benar mengakar kuat di Indonesia. HOS Cokroaminoto pernah memberikan mosi tidak percaya kepada Belanda yang ada di Indonesia. Sebagai partai politik resmi, HOS Cokroaminoto dan rekannya menuntut adanya yang isinya orang Indonesia hingga segala kebijakan yang diambil dapat memberikan dampak baik bagi bangsa. Wastafel ini sama sekali tidak direspons oleh Belanda yang mulai merasa takut dengan pergerakan masif di Indonesia.

Ø Guru Para Pemimpin Besar di Indonesia

Selama ini kita hanya tahu bahwa HOS Cokroaminoto adalah seorang pahlawan yang hebat. Namanya bahkan diabadikan sebagai nama jalan-jalan besar di Indonesia. Selain sebagai pahlawan, kita semua jarang tahu jika HOS Cokroaminoto adalah guru dari para guru bangsa kenamaan Indonesia yang membangun negeri ini hingga bisa sangat maju seperti sekarang. HOS Cokroaminoto memengaruhi pikiran-pikiran dari Soekarno, Musso, dan Kartosuwiryo. Dari tiga murid hebat itu, HOS Cokroaminoto sangat menyukai Soekarno yang sangat cerdas. Beliau mengajar hal hingga akhirnya Soekarno sangat ahli dalam hal-hal nasionalis. Berkat bimbingan dari HOS Cokroaminoto, Soekarno bisa menjadi pemimpin hebat yang tidak ada di peta di Indonesia.

Ø Salah Satu Bukti Kekuatan Politik Indonesia Itu Kuat

Selama Belanda panas di Indonesia. Kekuatan politik yang ada di negeri ini secara terus menerus. Belanda melakukan segala cara agar negeri ini berkembang dengan pesat dan melakukan pemberontakan yang lebih terstruktur. Akhirnya setiap partai politik atau kelompok pejuang, Belanda selalu menangkap pentolannya atau membubarkan organisasi itu dengan ancaman-ancaman yang menakutkan. Partai yang dimiliki oleh HOS Cokroaminoto yang berbeda dengan partai yang lain. Partai ini berdiri di atas sebuah bisnis perdagangan yang sangat kuat. Pondasi ini membuat partai SI sulit digulingkan meski sempat terjadi konflik internal dan harus pecah jadi dua kubu. Kemunculan HOS Cokroaminoto membuat dunia politik negeri ini maju dan pemikiran baru mulai berdatangan.




 

Demikianlah uraian singkat tentang HOS Cokroaminoto, guru hebat yang nyaris terlupa. Dari lima poin di atas kita bisa menyimpulkan bahwa HOS Cokroaminoto adalah orang hebat dan susah tergantikan sampai kapan pun. Perjuangannya yang sangat hebat untuk Indonesia layak diapresiasi setinggi-tingginya.

Post a Comment

أحدث أقدم